Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

2.1.1.1. Kepala Dinas

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah yang mempunyai tugas pokok merumuskan, menyelenggarakan, membina, dan mengevaluasi penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan urusan Bidang Pertanahan yang meliputi Bidang Perumahan, Bidang Permukiman dan Bidang Pertanahan.

Dalam menyelenggarakan  tugas pokok sebagaimana dimaksud pada Kepala Dinas mempunyai fungsi :

  1. Merumuskan program kerja di lingkungan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Majalengka berdasarkan rencana strategis Pemerintah Kabupaten Majalengka sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Menyelenggarakan pelayanan administrasi dan kesekretariatan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Majalengka sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan kewenangan yang dimiliki untuk mendukung kelancaraan penyelenggaraan tugas;
  3. Menyelenggarakan penyusunan perumusan kebijakan teknis dan operasional Perumahan, serta penyelenggaraan administrasi kesekretariatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk melaksanakan program kerja Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Majalengka;
  4. Menyelenggarakan penyusunan perumusan kebijakan teknis dan operasional Permukiman serta penyelenggaraan administrasi kesekretariatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk melaksanakan program kerja Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Majalengka;
  5. Menyelenggarakan penyusunan perumusan kebijakan teknis dan operasional Pertanahan serta penyelenggaraan administrasi kesekretariatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk melaksanakan program kerja Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Majalengka;
  6. Menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Majalengka sesuai dengan kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai akuntabilitas kinerja;

 

2.1.1.2.Sekretaris

            Sekretariat Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan yang mempunyai tugas pokok merencanakan operasional, mengelola, mengkoordinasikan, membagi tugas, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan urusan umum, keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan.

            Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Sekretaris mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana operasional di lingkungan Sekretariat berdasarkan program kerja Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Majalengka  serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Memimpin pelaksanaan dan mengoordinasikan kegiatan tata warkat, kehumasan dan dokumentasi; urusan kerumahtanggaan; dan pengelolaan kepegawaian; sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan tertib dan lancar.
  3. Memimpin pelaksanaan dan mengoordinasikan penyusunan rencana kebutuhan, proses pengadaan dan pengelolaan barang dan jasa; dan kegiatan pengelolaan administrasi perjalanan dinas; sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan tertib dan lancar.
  4. Memimpin pelaksanaan dan mengoordinasikan kegiatan penatausahaan keuangan dan aset/barang milik daerah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan tertib, lancar dan dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Memimpin pelaksanaan dan mengoordinasikan kegiatan penyusunan dokumen perencanaan program dan kegiatan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sehingga bersinergi dan selaras dengan perencanaan kabupaten.
  6. Memimpin pelaksanaan dan mengoordinasikan kegiatan penyusunan dokumen evaluasi dan pelaporan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sehingga pelaporan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
  7. Menyusun laporan pelaksanaan tugas Sekretariat sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan sebagai bentuk akuntabilitas kinerja;

Sub Bagian Umum dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, keperluan alat tulis kantor (ATK), perlengkapan, perbekalan dan pemeliharaan ruang perkantoran, serta urusan administrasi keuangan dan barang milik daerah pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :

  1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian berdasarkan rencana operasional Sekretariat sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mengelola urusan kepegawaian, kehumasan dan ketatawarkatan;
  3. Mengelola dan melaksanakan pengadaan barang dan jasa serta administrasi  perjalanan dinas;
  4. Menyusun Rencana,Kebutuhan,Melaksanakan Pengadaan dan Pengelolaan alat Tulis Kantor,perlengkapan dan rumah tangga kantor
  5. Memberi tugas,memberi arahan dan mengevaluasi kinerja bawahan
  6. Melaksanakan Evaluasi Terhadap Seluruh Kegiatan Bagian Umum dan Kepegawaian
  7. Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang

Sub Bagian Keuangan dan Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, mengoordinasikan, membagi tugas dan mengawasi  urusan keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Sub Bagian Keuangan dan Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai fungsi:

  1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Keuangan Prencanaan, Evaluasi dan Pelaporan dan Keuangan berdasarkan rencana operasional Sekretariat Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Majalengka sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Melaksanakan kegiatan Penyusunan Renstra, Renja, RKA, DPA sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan lancar;
  3. Melaksanakan kegiatan Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Perjanjian Kinerja, Rencana Umum Pengadaan (RUP) sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan lancar;
  4. Melaksanakan kegiatan Penyusunan Profil Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Majalengka sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan lancar;
  5. Melaksanakan kegiatan Penyusunan Keuangan  Evaluasi Rencana Kerja, Laporan Bulanan, Penyiapan Bahan Penyusunan LPPD Kabupaten, Penyiapan Bahan Penyusunan LKPJ Kabupaten sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan lancar;
  6. Melaksanakan kegiatan  Penyusunan LAKIP, Laporan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan lancar;
  7. Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian  Keuangan Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan dan Keuangan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang;
  8. Menyiapkan nota persetujuan pengajuan SPP UP dan SPP GU untuk pengisian kas;
  9. Melaksanakan kegiatan verifikasi dan penelitian kelengkapan  SPP-UP, SPP-GU, SPP-TU dan SPP LS Barang dan Jasa dan Melaksanakan penyiapan SPM;
  10. Melaksanakan kegiatan penatausahaan keuangan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Majalengka;

 

2.1.1.3. Bidang Perumahan

Bidang Perumahan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan yang mempunyai tugas pokok merencanakan operasional, mengelola, mengkoordinasikan, membagi tugas, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat dan Pembangunan Pengembangan Perumahan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Bidang Perumahan mempunyai fungsi:

  1. Perencanaan operasional urusan Perumahan;
  2. Pengelolaan urusan Perumahan;
  3. Pengkoordinasian urusan Perumahan;
  4. Pembagian pelaksanaan tugas urusan Perumahan;
  5. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan  urusan Perumahan; dan
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perumahan yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas,  mengawasi  dan melaporkan urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat.       

         Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan kegiatan urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat;
  2. Pelaksanaan urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat;
  3. Pembagian pelaksanaan tugas urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat;
  4. Pengawasan urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat;
  5. Pelaporan urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perumahan yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan  urusan  Pembangunan Pengembangan Perumahan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pembangunan dan Pengembangan Perumahan mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan kegiatan urusan Pembangunan Pengembangan Perumahan;
  2. Pelaksanaan urusan Pembangunan Pengembangan Perumahan;
  3. Pembagian pelaksanaan tugas urusan Pembangunan Pengembangan Perumahan;
  4. Pengawasan urusan Pembangunan Pengembangan Perumahan;
  5. Pelaporan urusan Pembangunan Pengembangan Perumahan;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

2.1.1.4. Bidang Kawasan Permukiman

Bidang Kawasan Permukiman dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan yang mempunyai tugas pokok merencanakan operasional, mengelola, mengkoordinasikan, membagi tugas, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan urusan Pembangunan Sarpras Permukiman.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud,  Kepala Bidang Kawasan Permukiman mempunyai fungsi :

  1. Prencanaan operasional urusan Kawasan Permukiman;
  2. Pengelolaan urusan Kawasan Permukiman;
  3. Pengkoordinasian urusan Kawasan Permukiman;
  4. Pembagian pelaksanaan tugas urusan Kawasan Permukiman;
  5. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan urusan Kawasan Permukiman; dan
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

          Seksi Pemanfaatan dan Pengendalian Kawasan Permukiman dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Kawasan Permukiman yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan Sarana Prasarana Permukiman.

          Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pengendalian Kawasan Permukiman mempunyai fungsi:

  1. perencanaan kegiatan urusan Pemanfaatan dan Pengendalian Kawasan Permukiman;
  2. pelaksanaan urusan Pemanfaatan dan Pengendalian Kawasan Permukiman ;
  3. pembagian pelaksanaan tugas urusan Pemanfaatan dan Pengendalian Kawasan Permukiman;
  4. pengawasan urusan Pemanfaatan dan Pengendalian Kawasan Permukiman;
  5. pelaporan urusan Pemanfaatan dan Pengendalian Kawasan Permukiman;dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

                         Seksi Pendataan dan Perencanaan Kawasan Permukiman dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Kawasan Permukiman yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan  urusan Pendataan dan Perencanaan Kawasan Permukiman.

               Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pendataan dan Perencanaan Kawasan Permukiman mempunyai fungsi :

  1. perencanaan kegiatan urusan Pendataan dan Perencanaan Kawasan Permukiman;
  2. pelaksanaan urusan Pendataan dan Perencanaan Kawasan Permukiman;
  3. pembagian pelaksanaan tugas urusan Pendataan dan Perencanaan Kawasan Permukiman;
  4. pengawasan urusan Pendataan dan Perencanaan Kawasan Permukiman;
  5. pelaporan urusan Pendataan dan Perencanaan Kawasan Permukiman; dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

2.1.1.5.Bidang Pertanahan

Bidang Pertanahan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan yang mempunyai tugas pokok merencanakan operasional, mengelola, mengkoordinasikan, membagi tugas, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan urusan bidang pertanahan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Bidang Pertanahan mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan operasional urusan bidang pertanahan;
  2. Pengelolaan urusan bidang pertanahan;
  3. Pengkoordinasian urusan bidang pertanahan;
  4. Pembagian pelaksanaan tugas urusan bidang pertanahan;
  5. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan urusan bidang pertanahan; dan
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

          Seksi Pertanahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pertanahan yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan  urusan  Pertanahan.

          Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pertanahan mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan kegiatan urusan Pertanahan;
  2. Pelaksanaan urusan Pertanahan;
  3. Pembagian pelaksanaan tugas urusan Pertanahan;
  4. Pengawasan urusan Pertanahan;
  5. Pelaporan urusan Pertanahan;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

          Seksi Prasarana dan Sarana Utilitas dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pertanahan yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan urusan Prasarana dan Sarana Utilitas.

          Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Prasarana dan Sarana Utilitas mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan kegiatan urusan Prasarana dan Sarana Utilitas;
  2. Pelaksanaan urusan Prasarana dan Sarana Utilitas;
  3. Pembagian pelaksanaan tugas urusan Prasarana dan Sarana Utilitas;
  4. Pengawasan urusan Prasarana dan Sarana Utilitas;
  5. Pelaporan urusan Prasarana dan Sarana Utilitas;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.