Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  1. Kepala Dinas

 

Dinas Perumahan, Permukiman dan Sumber Daya Air dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah yang mempunyai tugas pokok merumuskan, menyelenggarakan, membina, dan mengevaluasi penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah sub urusan Sumber Daya Air dan urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman yang meliputi Bidang Perumahan, Bidang Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air, serta Bidang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi.

Dalam menyelenggarakan  tugas pokok sebagaimana dimaksud pada Kepala Dinas mempunyai fungsi :

  1. perumusan kebijakan teknis sub urusan Sumber Daya Air dan urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman yang meliputi Bidang Perumahan, Bidang Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air, serta Bidang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi, dan unit pelaksanan teklnis dinas;
  2. penyelenggaraan urusan sub urusan Sumber Daya Air dan urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman yang meliputi meliputi Bidang Perumahan, Bidang Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air, serta Bidang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi dan unit pelaksanan teklnis dinas;

 

  1. pembinaan, pelaksanaan dan evaluasi sub urusan Sumber Daya Air dan urusan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman yang meliputi meliputi Bidang Perumahan, Bidang Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air, serta Bidang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi dan unit pelaksanan teklnis dinas;
  2. penyelenggaraan administrasi kesekretariatan; dan
  3. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

  1. Sekretaris

            Sekretariat Dinas Perumahan, Permukiman dan Sumber Daya Air dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Sumber Daya Air yang mempunyai tugas pokok merencanakan operasional, mengelola, mengkoordinasikan, membagi tugas, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan urusan umum, keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan.

            Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Sekretaris mempunyai fungsi :

  1. perencanaan operasional urusan umum, keuangan serta pengelolaan perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  2. pengelolaan urusan umum, keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  3. pengendalian, evaluasi dan pelaporan urusan umum, keuangan serta pengelolaan perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  4. pengkoordinasian urusan umum, keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan Dinas;
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

2.a  Sub Bagian Umum

Sub Bagian Umum dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas Perumahan, Permukiman dan Sumber Daya Air yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, keperluan alat tulis kantor (ATK), perlengkapan, perbekalan dan pemeliharaan ruang perkantoran, serta urusan administrasi keuangan dan barang milik daerah pada Dinas Perumahan, Permukiman dan Sumber Daya Air.

            Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud. Kepala Sub Bagian Umum mempunyai fungsi :

  1. perencanaan kegiatan urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, keperluan alat tulis kantor (ATK), perlengkapan, perbekalan dan pemeliharaan ruang perkantoran;
  2. pelaksanaan urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, keperluan alat tulis kantor (ATK), perlengkapan, perbekalan dan pemeliharaan rumah tangga kantor;
  3. pembagian pelaksanaan tugas dan pengawasan urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, keperluan alat tulis kantor (ATK), perlengkapan, perbekalan dan pemeliharaan ruang perkantoran;
  4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

2.b Sub Bagian PEP

Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas Perumahan, Permukiman dan Sumber Daya Air yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, mengoordinasikan, membagi tugas dan mengawasi  urusan perencanaan, evaluasi dan pelaporan Dinas Perumahan, Permukiman dan Sumber Daya Air.         Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai fungsi :

  1. perencanaan kegiatan evaluasi dan pelaporan Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan, administrasi keuangan dan barang milik daerah;
  2. pelaksanaan perencanaan, evaluasi dan pelaporan yang meliputi penghimpunan rencana program dan kegiatan, evaluasi dan laporan, administrasi keuangan dan barang milik daerah dari sekretariat dan bidang-bidang pada Dinas; 
  3. pembagian  pelaksanaan tugas perencanaan, evaluasi dan pelaporan, urusan administrasi keuangan dan barang milik daerah;
  4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

        

  1. Bidang Perumahan

Bidang Perumahan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Sumber Daya Air yang mempunyai tugas pokok merencanakan operasional, mengelola, mengkoordinasikan, membagi tugas, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat dan Pembangunan Pengembangan Perumahan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Bidang Perumahan mempunyai fungsi:

  1. perencanaan operasional urusan Perumahan;
  2. pengelolaan urusan Perumahan;
  3. pengkoordinasian urusan Perumahan;
  4. pembagian pelaksanaan tugas urusan Perumahan;
  5. pengendalian, evaluasi dan pelaporan  urusan Perumahan; dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

3.a Seksi Seksi Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat

Seksi Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perumahan yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas,  mengawasi  dan melaporkan urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat.       

            Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat mempunyai fungsi :

  1. perencanaan kegiatan urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat;
  2. pelaksanaan urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat;
  3. pembagian pelaksanaan tugas urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat;
  4. pengawasan urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat;
  5. pelaporan urusan Fasilitasi Pembangunan Perumahan Masyarakat;
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

3.b Seksi Pembangunan Pengembangan Perumahan

Seksi Pembangunan Pengembangan Perumahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perumahan yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan  urusan  Pembangunan Pengembangan Perumahan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pembangunan Pengembangan Perumahan mempunyai fungsi :

    1. perencanaan kegiatan urusan Pembangunan Pengembangan Perumahan;
    2. pelaksanaan urusan Pembangunan Pengembangan Perumahan;
    3. pembagian pelaksanaan tugas urusan Pembangunan Pengembangan Perumahan;
    4. pengawasan urusan Pembangunan Pengembangan Perumahan;
    5. pelaporan urusan Pembangunan Pengembangan Perumahan;
    6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

4. Bidang Permukiman dan Pengelolaan Sumber Air

Bidang Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Sumber Daya Air yang mempunyai tugas pokok merencanakan operasional, mengelola, mengkoordinasikan, membagi tugas, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan urusan Pembangunan Sarpras Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud,  Kepala Bidang Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air mempunyai fungsi :

  1. perencanaan operasional urusan Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air;
  2. pengelolaan urusan Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air;
  3. pengkoordinasian urusan Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air;
  4. pembagian pelaksanaan tugas urusan Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air;
  5. pengendalian, evaluasi dan pelaporan urusan Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air;dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

4.a Seksi Sarana Prasarana Permukiman

Seksi Sarana Prasarana Permukiman dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan Sarana Prasarana Permukiman.

            Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Sarana Prasarana Permukiman mempunyai fungsi :

  1. perencanaan kegiatan urusan Sarana Prasarana Permukiman;
  2. pelaksanaan urusan Sarana Prasarana Permukiman;
  3. pembagian pelaksanaan tugas urusan Sarana Prasarana Permukiman;
  4. pengawasan urusan Sarana Prasarana Permukiman;
  5. pelaporan urusan Sarana Prasarana Permukiman;dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

.

4.b Seksi Pengelolaan Sumber Daya Air

 

            Seksi Pengelolaan Sumber Daya Air dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan  urusan Pengelolaan Sumber Daya Air.

            Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Air mempunyai fungsi :

  1. perencanaan kegiatan urusan Pengelolaan Sumber Daya Air;
  2. pelaksanaan urusan Pengelolaan Sumber Daya Air;
  3. pembagian pelaksanaan tugas urusan Pengelolaan Sumber Daya Air;
  4. pengawasan urusan Pengelolaan Sumber Daya Air;
  5. pelaporan urusan Pengelolaan Sumber Daya Air; dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

  1. Bidang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi

Bidang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Sumber Daya Air yang mempunyai tugas pokok merencanakan operasional, mengelola, mengkoordinasikan, membagi tugas, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan urusan Operasi, dan Pembangunan dan Pemeliharaan Irigasi.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi mempunyai fungsi :

  1. perencanaan operasional urusan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi;
  2. pengelolaan urusan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi;
  3. pengkoordinasian urusan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi;
  4. pembagian pelaksanaan tugas urusan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi;
  5. pengendalian, evaluasi dan pelaporan urusan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi; dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

5.a Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Irigasi

Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Irigasi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan  urusan  Pembangunan dan Pemeliharaan Irigasi.

            Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Irigasi mempunyai fungsi :

  1. perencanaan kegiatan urusanPembangunan dan Pemeliharaan Irigasi;
  2. pelaksanaan urusan Pembangunan dan Pemeliharaan Irigasi;
  3. pembagian pelaksanaan tugas urusan Pembangunan dan Pemeliharaan Irigasi;
  4. pengawasan urusan Pembangunan dan Pemeliharaan Irigasi;
  5. pelaporan urusan Pembangunan dan Pemeliharaan Irigasi;
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

5.b       Seksi Operasi Irigasi

            Seksi Operasi Irigasi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan urusan Operasi Irigasi.

            Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Operasi Irigasi mempunyai fungsi :

  1. perencanaan kegiatan urusan Operasi Irigasi;
  2. pelaksanaan urusan Operasi Irigasi;
  3. pembagian pelaksanaan tugas urusan Operasi Irigasi;
  4. pengawasan urusan Operasi Irigasi;
  5. pelaporan urusan Operasi Irigasi;
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

  1. Unit Pelaksana Teknis Dinas

                        UPTD Pengelolaan Jaringan Irigasi Wilayah dipimpin oleh seorang Kepala UPTD yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris Dinas Perumahan, Permukiman dan Sumber Daya Air yang mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, mengawasi dan melaporkan kegiatan teknis pengelolaan jaringan irigasi    

            Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud,  Kepala UPTD Pengelolaan Jaringan Irigasi Wilayah mempunyai fungsi :

a. Perencanaan pengelolaan dan pemeliharaan jaringan irigasi di wilayah kerjanya

b. Pelaksanaan  pengelolaan dan pemeliharaan jaringan irigasi di wilayah kerjanya

c. Pengawasan pengelolaan dan pemeliharaan jaringan irigasi di wilayah kerjanya

d. Pelaporan pengelolaan dan pemeliharaan jaringan irigasi di wilayah kerjanya

e. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

6.1. Sub Bagian Tata Usaha

UPTD Pengelolaan Jaringan Irigasi Wilayah

1. Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPTD Pengelolaan Jaringan Irigasi Wilayah dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian Tata Usaha yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala UPTD Pengelolaan Jaringan Irigasi Wilayah yang memiliki tugas pokok merencanakan kegiatan,melaksanakan, membagi tugas, mengaawasi dan melaporkan kegiatan administrasi ketatausahaan UPTD  Pengelolaan Jaringan Irigasi Wilayah

2. Dalam menyelenggarakan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) Kepala Sub Bagian Tata Usaha  UPTD  Pengelolaan Jaringan Irigasi Wilayah mempunyai fungsi :

  1. perencanaan kegiatan urusan ketatausahaan UPTD Pengelolaan Jaringan Irigasi Wilayah
  2. pelaksanaan kegiatan urusan ketatausahaan UPTD Pengelolaan Jaringan Irigasi Wilayah
  3. pembagian pelaksanaan tugas kegiatan ketatausahaan UPTD Pengelolaan Jaringan Irigasi Wilayah
  4. pengawasan kegiatan urusan ketatausahaan UPTD Pengelolaan Jaringan Irigasi Wilayah
  5. pelaporan kegiatan urusan ketatausahaan UPTD Pengelolaan Jaringan Irigasi Wilayah
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuia dengan tugas dan fungsinya